LAUT MATI

Laut Mati

Laut Mati adalah Danau yang membentang di kawasan di antara Israel, Daerah Otoritas Palestina, dan wilayah Yordania. Laut Mati sendiri pada perbatasan antara Yordania dengan bagian barat Plestina dan merupakan titik terendah di bumi karena berada 1.300 kaki(400meter) dibawah permukaan laut.

Secara geologis, Laut Mati terbentuk sekitar 3 juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada Lembah Patahan Jordan sehingga air laut menyusup masuk dan terkumpul. Iklim disekitar danau yang sangat kering, ditambah dengan tingkat penguapan yang tinggi, telah meningkatkan konsentrasi mineral dalam air danau ini. Mineral garam, kapur, dan gypsum yang terdapat disepanjang retakan ini kemudian turut larut dalam air dan membentuk sebuah perairan tertutup dengan kandungan garam tertinggi di dunia.

Danau ini dinamakan Laut Mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang bertahan didalam airnya yang berkadar garam sangat

Mengapung sambil baca koran di Laut Mati

tinggi. Laut Mati memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh lautan yang ada di dunia sekitar 32%, bandingkan dengan kadar garam pada Laut Mediterania yang rata-rata hanya 3%. Karena tingginya kadar salinitas Laut Mati, maka semua benda bisa mengapung di permukaannya, termasuk manusia.

Sejak dulu, material yang terdapat dalam Laut Mati diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit. Dengan mengoleskan lumpur dari Laut Mati ke tubuh, mineral yang terkandung didalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantu menjaga kesehatan. Hal ini sudah lama diketahui oleh King Salomon, Cleopatra dan Herod The Great sehingga mereka mendatangi Laut Mati untuk memperoleh efek tersebut.